Highlight
Home / Berita / Artikel / Demam Batu Akik Merasuk ke Generasi Aceh
Demam Batu Akik Merasuk ke Generasi Aceh

Demam Batu Akik Merasuk ke Generasi Aceh

Oleh : Asy’ari

Jika sekarang daratan afrika dan sekitarnya sedang gencar-gencarnya terjangkit virus ebola, maka lain pula virus yang sekarang meuwabah di daratan paling ujung sumatera ini, ya daratan itu adalah Aceh. Daratan ini sekarang ini terkenal dengan daratan permata hijau. Semua kalangan, baik itu kalangan tua muda mudi, kalangan atas maupun kalangan bawah hampir semuanya terjangkit virus batu akik tersebut.

Hal ini bisa kita buktikan dengan munculnya usaha-usaha jasa pengasahan batu akik ini. Hampir di seluruh seluk beluk aceh, baik itu di kota, pinggir jalan ataupun pertokoan terdapat tempat jasa pengasahan batu yang bernilai ekonomis , serta sangat menjanjikan ini. Bukan hanya usaha-usaha jasa pengasahnnya saja yang heboh, akan tetapi secara jelas kita lihat pemasaran batu akik ini banyak di lakukan di media sosial. Baik itu Facebook, Twitter, BBM, dan media sosial lainnya yang menurut mereka bisa jadi tempat pemasaran untuk batu akik tersebut.

Maka jangan heran jika kita melihat fenomena wabah batu akik ini sedang bertebaran di aceh saat ini. Tidak hanya di aceh saja, di luar aceh pun batu ini sangat di gemari, bahkan orang-orang luar negeri pun juga terpesona melihat indahnya pancaran cahaya batu akik aceh ini.

Jika dulu kita berbicara tentang aceh pasti dalam benak orang luar tersebut langsung terbayang dengan khas Ganja atau orang luar aceh lebih mengenalnya dengan sebutan cimeng. Bahkan ada klaim bahwa tanah 1001 rencong ini juga dikenal sebagai produsen ganja terbesar di Asia Tenggara setelah Thailand. Tetapi hal tersebut sudah menghilang dengan sendirinya. Sekarang ini cimeng aceh berubah menjadi batu aceh. Kalau sekarang kita bicara tentang aceh, bicaranya bukan lagi tentang bakoeng. Tetapi bicara aceh bicara batu akik yang sekarang sedang mendunia.

Editor :Wanti Nur Jadidah

Comments

comments

Comments

About Wanti Nur Jadidah

Scroll To Top