Highlight
Home / Berita / KIP Aceh Besar Bersama PP-HIMAB Selenggarakan Sosialisasi Pemilihan Cerdas Pemilu Tahun 2019
KIP Aceh Besar Bersama PP-HIMAB Selenggarakan Sosialisasi Pemilihan Cerdas Pemilu Tahun 2019

KIP Aceh Besar Bersama PP-HIMAB Selenggarakan Sosialisasi Pemilihan Cerdas Pemilu Tahun 2019

Himab.org – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar bersama Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (PP-Himab) selenggarakan Sosialisasi Pemilih Cerdas pada Senin, 8/4/2019 di Aula Gedung Asrama Mahasiswa Aceh Besar, Lamreung Ingin Jaya.

Sosialisasi Pemilihan Cerdas yang mengangkat tema “Peran Mahasiswa dalam Menangkal Hoax, Politik Uang, Kampanye Hitam dan Ujaran Kebencian untuk Mewujudkan Pemilu 2019 yang Demokrasi” itu diikuti oleh mahasiswa Aceh Besar.

Ulul Azmi, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (HIMAB) mengatakan partisipasi masyarakat dalam pemilu harus meningkat.

“Politik di Aceh Besar selama ini menggambarkan masih sangat kurangnya partisipasi dari pada peserta pemilu, dalam hal ini adalah masyarakat Aceh Besar. Maka dari itu Komisi Independen Pemilihan Aceh Besar yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Aceh Besar melakukan Sosialisasi untuk mengurangi angka golput pada pemilu 17 April 2019 mendatang. Partisipasi masyarakat di dunia politik harus meningkat, salah satunya adalah dengan meningkatnya angka pemilihan disetiap tahunnya.” Ungkap Ulul.

“Selain itu kita juga harus meminimalisir penyebaran Hoax, Politik Uang, Kampanye Hitam dan Ujaran Kebencian untuk Mewujudkan Pemilu 2019 yang Demokrasi. Kita berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi hari ini dikalangan mahasiswa, mahasiswa yang menjadi bagian dari sosialisasi ini dapat ikut berperan dalam mengajak masyarakat, minimal keluarga agar ikut memilih dan tidak golput.” Harapnya Ulul.

Miswar S.Pd.I selaku Komisioner KIP Aceh Besar juga menghimbau jangan ada yang golput pada pemilu serentak tahun 2019.

“Peran kita selaku mahasiswa dalam menyukseskan pemilu 2019 ini diantaranya ikut mensosialisasikan pemilu 2019 yang cerdas dan damokrasi serta mengajak masyarakat hadir ke TPS untuk ikut memilih pada 17 April mendatang.” Harapnya Miswar.

Miswar menambahkan “Bagi pemilih yang sudah berhak memilih, tetapi karena alasan tertentu tidak dapat berhadir, maka dapat mengurus pemindahan tempat memilih, diantaranya yaitu tahanan atau narapidana, mereka yang sedang menjalani perawatan atau pasien rumah sakit, mereka yang sedang bertugas di luar daerah, dan mereka yang sedang menjalani pendidikan atau mahasiswa. Hal tersebut dilakukan, guna untuk menghindari perilaku golput pada pemihan serentak tahun 2019.”

“Selain itu bagi masyarakat yang tidak dapat hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena sakit atau uzur maka akan ada TPS Keliling (TPSK) yang datang ke rumah-rumah dengan diikuti saksi dan petugas keamanan untuk memudahkan pemilih dalam pemilihan.” Tambahnya Miswar.

Selanjutnya Miswar juga mengajak mahasiswa untuk lebih kritis dalam pemilu mendatang. “Jika memang ada kecurangan yang kita ketahui, siapkan bukti baik itu vidio, rekaman, saksi, dan segera laporkan ke Badan Pengawasan Pemilu (BAWASLU). Dengan adanya rasa tanggung jawab atau peran kita semua maka akan meminimalisir tindakan-tindakan curang saat pemilu nanti.” Harapnya Miswar selaku Komisioner KIP Aceh Besar.

Laporan Khalidar/Maisal

 

Comments

comments

Comments

About admin

admin
Scroll To Top